September 05, 2008

Flash back : RRI Moment on STMIK AUB

Kejadian ini sebenarnya sudah lama ya kira-kira 3 minggu yang lalu karena majunya drama tanggal 12 Agustus kalau tidak salah. Saya akan menceritakan flash back tentang bagaimana group ini terbentuk sampai group drama ini maju. Enjoy my write...
Pertama kali pelajaran bahasa inggris sebenarnya sudah ada isu tentang group drama yang maksimal 10 orang dengan formasi bebas untuk settingan latar, judul, kostum pakaian, dll. Kami dari kelas C santai-santai saja dengan isu ini, sampai kami kedatangan bahasa inggris. Saya dengan mas Robert mencari pasangan-pasangan buat drama ini (membangun proyek ini) akhirnya ada 7 orang mulanya dengan formasi :

1. Sela Aji
2. Rais
3. Robert Adhy
4. Rendra
5. Ria Agustina
6. Sigit Pramono
7. Sofia Kurnia

Setelah itu, yang laki-laki berkumpul dan mencari ide buat drama. Daripada mengikuti insting cewek yang selangit dan indah (karena wanita ingin dimengerti) akhirnya muncul ide tiba-tiba dari Sela Aji dan diikuti Sigit membuat rencana PSK RRI dan FPI. Akhirnya sepakat dan disetujui judulnya "RRI Moment" serta yang membuat konsep naskah Sigit.
Selang waktu agak lama akhirnya naskah sudah jadi dalam bahasa Indonesia dan waktu itu ada pelajaran bahasa inggris yang dosennya meminta naskah dalam bentuk inggris serta group yang belum mengumpulkan harus besok harinya jam 2. Weks gila akhirnya saya dan mas Robert kerja keras untuk men-translate naskah ini dalam waktu 5 jam sebanyak 6 lembar (asik gila...) serta hasil diketik oleh Ria Agustina besok paginya (tambah gila kan? Mau tahu waktu bahasa inggris itu group juga tidak lengkap tambah gila lagi karena yang kerja hanya orang-orang tertentu). Akhirnya naskah bisa sampai dalam waktu yang tegang soalnya kata Ria waktu itu tidak ada yang mengantar ke kampus untuk kumpulkan naskah tapi waktu sampai kampus kok bisa dikumpulkan oleh Ria (bingung kan? Ya mungkin dia sama Sofia, katanya lagi Sofia jagong jadi tidak bisa datang tapi kok dia ada? tambah bingung waktu itu ada kuliah).
SMS-an sama temen-temen group untuk kapan latihan pertama kali...diputuskan di tempat Sofia. Sangat jauh sekali Sukoharjo place, akhirnya bisa kumpul dah group ini tapi juga tidak komplet lagi (pusing nihhh...) dengan membawa lagu-lagu untuk drama yang saya pikir agak bosen juga. Yang datang waktu itu

1. Sela Aji
2. Robert Adhy
3. Rendra
4. Sigit Pramono
5. Ria Agustina
6. Sofia Kurnia

(Silahkan tebak siapa yang ga datang?) Pertama dengan formasi seperti ini

1. Sela Aji sebagai Ganteng
2. Robert Adhy sebagai Polisi 1, Sersan Koplak
3. Sigit Pramono sebagai operator
4. Sofia Kurnia sebagai Rahazia (pimp)
5. Ria Agustina sebagai istri Ganteng
6. Rais sebagai FPI 2, Polisi 2
7. Rendra sebagai FPI 1

Kurang satu orang otomatis ada yang berperan 2 tokoh sekaligus. Okey tidak apa-apa, akhirnya pulang dari rumah Sofia jam 4 lebih (hampir 4.30) dan sambil rembug-rembug kapan latihan lagi tapi juga masih rembug-rembug.
Lama waktu berselang dan drama dari group lain sudah maju...diputuskan latihan ke dua di rumah bang Robert dan sebelum ada keputusan itu group ini ada tambahan amunisi yaitu HANDITO BAYU. Maka menjadi 8 orang dengan 6 laki-laki dan 2 orang perempuan. (Baguskan??)
Formasi yang dilakukan adalah

1. Sela Aji sebagai Ganteng
2. Robert Adhy sebagai Polisi 1, Sersan Koplak
3. Sigit Pramono sebagai operator
4. Sofia Kurnia sebagai Rahazia (pimp)
5. Ria Agustina sebagai istri Ganteng
6. Rais sebagai FPI 2
7. Rendra sebagai FPI 1
8. Handito sebagai Polisi 2, Visitor club

dan yang datang latihan antara lain (dengan total 8 orang)

1. Sela Aji
2. Robert Adhy
3. Rendra
4. Sigit Pramono
5. Ria Agustina
6. Sofia Kurnia
7. Handito Bayu

(Silahkan tebak lagi siapa yang tidak datang..?)

Seakan-akan ini adalah latihan terakhir dan waktu ada isu maju drama group ini dimajukan karena waktu semua keteteran (karena apa Rais ke Jakarta, disusul bang Robert juga dan Sigit yang sibuk dengan kursusnya. Wah rasanya mau gimana soalnya sama-sama SOLO aja tidak bisa disatukan)...termasuk background, foto RRI, dan konsep-konsep yang saya kira bisa matang. Waktu seminggu latihan dan disepakati di tempat Ria Agustina selama 3 hari kelihatannya. Sampai terdengar bahwa group ini majunya normal tanggal 12 Agustus.

HARI PERTAMA DI RUMAH RIA

1. Ria Agustina
2. Rendra

(Saya hanya memberikan musik untuk drama)

HARI KEDUA

1. Rais
2. Handito Bayu
3. Rendra
4. Sela Aji
5. Robert Adhy
6. Sofia
7. Ria Agustina

(Di sini hanya membuat background buat drama dengan format hanya satu file untuk semua drama minimal pake 1 laptop. Menggunakan Movie Maker serta perubahan format)
Format yang dilakukan

1. Sela Aji sebagai Ganteng
2. Robert Adhy sebagai Polisi 1, Sersan Koplak
3. Sigit Pramono sebagai Visitor club
4. Sofia Kurnia sebagai operator
5. Ria Agustina sebagai istri Ganteng
6. Rais sebagai Rahazia (Pimp)
7. Rendra sebagai FPI 1
8. Handito sebagai Polisi 2, Visitor club

Ini akan menjadi pertunjukan yang sangat menarik...! Watch this!

HARI KETIGA

1. Ria Agustina
2. Robert Adhy
3. Sofia Kurnia
4. Sela Aji
5. Handito Bayu

(Di sini juga masih melanjutkan membuat background drama yang sudah terkonsep oleh Sela Aji, saya pikir ini juga hebat backgroundnya plus lagu yang diinsertkan di dalamnya)

Akhirnya pasif lagi selama beberapa hari dan rencana-rencana latihan yang bohong, he he he saya juga tidak datang dink. Akhirnya lagi sebelum final majunya saya, Aji, bang Robert ke ICT mengerjakan background drama selama 2-3 hari (tapi tidak lembur dan nginep ICT lohh, thanks buat ICT untuk making movie drama). Minggu pun juga menjadi santapan bagi saya, Aji, dan Bang Robert untuk membuat background. Sampai donlot youtube yang sukarnya (soalnya lum pernah donlot siiih) dan mencari gambar-gambar buat drama backgroundnya. Alhamdulillaah hari minggu bisa kelar juga untuk background walaupun digonta-ganti Aji wae.
Hari itu 3 hari sebelum maju tanpa ada sama sekali latihan yang membanggakan.
Senin satu hari sebelum maju latihan gladi resik di kampus dan dihadiri oleh (saya rombak lagi backgroundnya di SMK N 9 dan hasilnya jelek banget pas dicoba di laptop soalnya saya lupa kasih lagu untuk cover belakang)

1. Sela Aji
2. Rais
3. Rendra
4. Sigit
5. Robert
6. Sofia
7. Ria

(tebak sapa yang tidak ada?? hahahahahaha bagus ya??) Semua janji datang jam 09.00 dah fix minim harus pada kumpul.
Handito sebenarnya datang tapi telatnya lebih lama dan waktu semua pulang malah baru datang, paling sebalnya katanya Sigit bisa juga bawa laptop tapi bohong!
Alhamdulillaahnya saya bisa pinjam dari SMK Negeri 9, thank to that SMSR!!

Finally

Hari Selasa, 12 Agustus 2008

Saya berangkat ke SMK Negeri 9 untuk meminjam dan mengambil laptop sekalian. Mulanya Ka TU nya nyebelin padahal dah sohib ma saya. Kalau bukan staff SMK N 9 wis tak brugg ke dewe. Hahahahahahha...Saya lobi terus sama staff TU yang lainnya. Alhamdulillah saya diijinkan sama guru SMK N 9 pak Suratno, SPd (thanks ya pak Ratno) untuk meminjam dan bon sama Pak Mardi (thanks pak Mar!). Langsung saja saya berangkat tapi ngampiri bang Robert dulu soalnya ga bisa bawa sendiri. Sampai kampus jam 09.30 juga tidak ada yang datang padahal janji jam 09.00 paling minim. Semua datang jam 11.00 ya kira-kira segitu, lihat background tapi masih lum fix final. Buat lagi di laptop untuk VISTA bagus moviemakernya serta selesai buat file background terakhir jam 12.00 lebih dikit.
Setelah jadi semua latihan gladi resik, dan belum memakai kostum. Semua pada lum hapal tapi mereka niat spontanitas (itulah mengapa saya memilih mereka, si jagoan spontanitas serta tidak grogi sama sekali gila hebat bener lebih gila dan hebat adalah Handito yang sama sekali tanpa kostum-hapal sedikit naskah) Fokus latihannya adalah FULL ACTION antara FPI dengan visitor dan PIMP dengan Ganteng. Kami santai makan-makan dulu karena gladi resik terakhir benar-benar gila capek bener. Tanpa persiapan yang sangat baik dan sempurna minimal, kami menemukan bendera "La ilaaha illallooh", tongkat dan tongkat FPI. SUSU buatan dari plastik, kertas dan tali rafia buat Rais. Gila gak?? Ditambah tidak bawa sound dan terpaksa pinjam sama group lain yang nantinya juga maju setelah ini.

Show must go on

Jam 2 lebih sedikit kami mulai pertunjukannya,

Main menu...

Lagu intro diputar kira-kira 5-8 menit diputar fullscreen lewat laptop, lalu majulah Rahazia (pimp) ke depan dan bergaya-gaya di depan penonton. Tiba-tiba datanglah Ganteng yang menanyakan cewek penghibur lobi dengan penonton (SARI broww di nyang edan tenan kie hahahahaha) serta ditunjuk-tunjuklah wanita yang mau ditawarkan. (Kira-kira 10 menit)

Adegan FPI...

FPI 1 dan 2 maju mengucapkan "ALLOOHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLALLOOH" terus menerus, menghampiri visitor 1 dan 2. Mereka dihardik dan dibubarkan FPI tidak mau terjadilah perkelahian seru antara FPI 1, FPI 2 dengan visitor 1 dan 2. (Gila saya kira seru sekali...sampai turun panggung untuk perkelahiannya, kira-kira 15 menit)

Back to main menu...

Rahazia dan Ganteng melakukan transaksi yang sangat hebat sampai akhirnya datanglah Polisi 1 yang hanya mencari gara-gara dan minta UUD (Ujung-Ujungnya Duit), Rahazia mencoba merayu Polisi 1 sampai-sampai menawarkan wanita bohaii koleksi pribadi tapi ditolak Polisi 1 (kira-kira 10 menit)

FPI mencari kemaksiatan untuk dihancurkan...

FPI 1 dan FPI 2 mendatangi rumah Rahazia dan terjadilah adu mulut, lobi panjang, percakapan yang menggiurkan (sayang saya tidak bisa mengerti mereka sedihnya...) dan adegan kejar-kejaran yang menyobekkan baju Ganteng. Akhirnya mereka berdua ditangkap dan diserahkan ke kantor POLISI.

Kantor Polisi...

Mereka berdua dimasukkan ke dalam penjara, Polisi 2 menghubungi istri Ganteng dan menjelaskan semua. Istri Ganteng datang dan dia ditemukan dengan suaminya Ganteng. Kemarahan dari istri Ganteng yang nampak jelas dan perpisahan yang sangat bagus (hahahhahahah)

Finally (The End)

Semua pemain maju dan mengenalkan nama serta peran masing-masing dan mengucapkan monggo!!!

Actor/Acctress



Aji Sela as Ganteng



Raiz as Rahazia



Rendra as FPI 1



Adhy Robert as FPI 2, Polisi 1



Bayu Handito as Visitor Club, Polisi 2



Sigit Pramono as visitor Club, Sersan Koplak



Agustina Ria as Ganteng's wife



Sofia Kurnia as Operator


Akhir kata yang dapat saya ambil adalah "dadakan lebih baik daripada persiapan yang sangat matang dan perbedaannya hanyalah berbanding 77:80" kalau hanya tipis ngapain repot untuk latihan segala...masa bodoh! Hahahhahahahahha

Happy ending and thank u for watching RRI Moment that to celebrating Romadhon month.

bye
hell boy

No comments: