September 02, 2008

Welcome romadhon, come on to "PUASA"

Assalamu'alaikum wr wb

Bulan romadhon ini telah datang dan kini hadir ditengah-tengah umat muslim seluruh dunia. Wajib atas kita berpuasa, menjaga hawa nafsu, prasangka buruk, dan terus intropeksi diri atas puasa yg kita kerjakan hari ini. Manfaat puasa adalah
1. Puasa adalah lapar dan dari situlah akan memunculkan sikap, sifat bagaimana seseorang fakir miskin jg mengalami hal demikian meskipun tidak di bulan romadhon.
2. Muncullah sikap dan sifat iba atas penderitaan seorang fakir di mana harta kita yang diperoleh adalah amanah Allooh SWT kepada mereka.
3. Munculnya sikap dan sifat saling berbagi,
dengan datangnya romadhon membuat kita mengerti perasaan antar satu dengan muslim lain serta berbagi makanan untuk mereka yang berpuasa.
4. Melatih kesabaran
Dengan puasa akan melatih kesabaran seseorang untuk tidak makan dan minum serta menahan nafsu sampai waktu berbuka.
5. Mencuci organ-organ tubuh
Puasa akan membuat kosong organ-organ tubuh kita dalam waktu berjam-jam. Hal ini menyebabkan perut akan mencerna sisa-sisa makanan dan mensterilkannya sekaligus.
6. Malas
Puasa membuat kita malas berbicara yang bukan haqnya, malas berbuat kemaksiatan. Hal ini perlu ditanamkan karena malas dikecualikan untuk sholat dan mengamalkan amal sholeh serta sunnah.
7. Tidak berlebih-lebihan
karena saat kita membatalkan puasa waktu maghrib datang akan membuat kita memakan makanan dan minum secukupnya sesuai kapasitas tubuh tapi tidak berlebih-lebihan.

Usahakan waktu kita berpuasa untuk tetap beraktifitas bukan sebaliknya karena walaupun tidur adalah ibadah tapi ini bukan menjadi salah tafsir. Jadikan puasa sebagai media kita untuk lebih dekat dengan Allooh dan ajaran Rosulullooh. Sebab di bulan ini pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya serta syaithon dibelenggu.
Jangan kita sia-siakan bulan ini yang belum tentu kita dapat menjumpainya. Bulan yang di dalamnya terdapat malam seribu bulan.
Jangan iri dengan mereka yang tidak berpuasa dan ingatlah kehidupan di dunia itu hanya singgah serta kekal abadi di akhirat. So berikan yang terbaik yang dapat kita berikan dengan kemampuan kita. Wallohu'alam bi showab.

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA ROMADHON 1429 H MOHON MAAF LAHIR BATIN

Wassalamu'alaikum wr wb

No comments: